Selasa, 31 Agustus 2010

Akihabara


AKIBAHARA atau Pusat Elektronik Akihabara (Akihabara denki-gai) adalah wilayah pusat perbelanjaan yang terletak di sekitar Staiun Akibahara , Tokyo Jepang Pusat perbelanjaan ini tepatnya berlokasi di kawasan Akihabara, distrik kota Taito dan kawasan Soto-kanda di distrik kota Chioyoda . Akihabara sering disingkat sebagai Akiba. Akihabara merupakan pusat dari Anime, Manga, Doujinshi, dan Komputer di Jepang, sehingga disebut sebagai surganya Otaku di bidang Anime, Manga, dan permainan video .



Sejarah:

Di akhir tahun 1869 daerah Akihabara menderita kerugian besar akibat kebakaran hebat. Kaisar Meiji memerintahkan pembangunan kuil yang dipercaya bisa memadamkan api (chinkasha). Di zaman edo penduduk setempat salah mengerti dan mengira di kuil tersebut dipuja dewa Akiha Daigon-gen yang dipercaya dapat memadamkan api. Selanjutnya, orang menyebut kuil dan lokasi di sekitarnya sebagai Akiba-sama atau Akiba-san yang berarti Tuan Akiba.


Tanah kosong atau dalam bahasa Jepang hara di sekeliling kuil dibebaskan dari bangunan agar api tidak menjalar bila terjadi kebakaran. Nama lokasi ini kemudian berubah menjadi Akihabara yang berarti tanah kosong di sekeliling Akiba-sama, dan kuil Chinkasha ikut dikenal orang sebagai kuil Akiba. Setelah jalur kereta api melewati tempat ini pada tahun 1888, kuil Chinkasha dipindahkan dan namanya secara resmi diganti menjadi Akiba-jinja atau Kuil Akiba.


Sumber: wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor Today